Saya seorang mahasiswa aktif angkatan 2022 di Universitas Negeri Semarang, yang saat ini semester 5 dengan jurusan Pendidikan Akuntansi
Strategi Efisiensi Proses Pengadaan Barang dan Jasa di Perusahaan Ritel
Sabtu, 14 Desember 2024 04:35 WIB
Iklan
Pengendalian internal merupakan salah satu aspek krusial dalam operasional perusahaan, terutama dalam proses pengadaan barang dan jasa.
Penah kepikiran tidak kenapa harga barang di minimarket atau supermarket bisa stabil gitu? atau kenapa produk baru selalu tersedia di rak? Di balik semua itu, ada sistem yang mengatur semuanya termasuk bagaimana barang-barang bisa masuk ke toko. Sistem inilah yang disebut dengan Pengendalian Internal.
Apa itu Pengendalian Internal?
Pengendalian internal merupakan salah satu aspek krusial dalam operasional perusahaan, terutama dalam proses pengadaan barang dan jasa. Di sektor ritel dimana volume transaksi dan variasi produk sangat tinggi, pengendalian internal yang efektif dapat menjadi pembeda antara kesuksesan dan kegagalan.
Pengendalian internal itu sangat penting sekali untuk perusahaan ritel, jika tidak dijaga dengan baik bisa terjadi banyak masalah, mulai dari barang yang kadaluwarsa, harga yang salah, hingga bisa terjadi kecurangan. Maka proses pengadaan barang harus diawasi dengan ketat agar tidak terjadi kasus-kasus yang bisa merugikan perusahaan ritel tersebut.
Bagaimana Tujuan Evaluasi Pengendalian Internal Bagi Perusahaan Ritel?
Jadi, tujuan evaluasi pengendalian internal ini yang pertama adalah untuk mencegah kerugian baik kerugian materil maupun immateril, seperti kerusakan reputasi perusahaan. Kedua, meningkatkan efisiensi jadi proses pengadaan bisa lebih cepat dan hemat biaya. Ketiga, meningkatkan akuntabilitas setiap orang yang terlibat dalam proses pengadaan dapat dipertanggungjawabkan.
Caranya dengan untuk mengevaluasi pengendalian internal, biasanya perusahaan akan melakukan audit yang nantinya auditor akan memeriksa semua dokumen, prosedur, dan orang-orang yang terlibat dalam proses pengadaan. Dimana mereka akan mencari tahu apakah ada kelemahan atau risiko yang perlu diperbaiki.
Beberapa hal yang biasanya diperiksa oleh auditor pihak eksternal atau internal perusahaan yaitu:
-
Pemisahan tugas, seperti apakah tugas-tugas yang berhubungan dengan pengadaan sudah dibagi dengan jelas? Misalnya, orang yang membuat pesanan tidak boleh juga yang melakukan pembayaran.
-
Otorisasi, apakah setiap transaksi pengadaan sudah mendapat otorisasi yang sesuai?
-
Perbandingan harga, apakah harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan harga pasaran?
-
Penerimaan barang, apakah barang yang diterima sudah sesuai dengan pesanan?
Pengendalian internal yang efektif adalah kunci sukses bagi perusahaan ritel. Dengan melakukan evaluasi secara berkala, perusahaan bisa memastikan bahwa semua proses pengadaan berjalan lancar dan efisien.
Nah, jadi waktu kamu lagi belanja di supermarket ingat ya, di balik tumpukan barang-barang itu ada sistem yang kompleks bekerja untuk memastikan kebutuhanmu terpenuhi.

Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang
0 Pengikut

Pecahkan Masalah Biaya dengan Akurasi: Penerapan ABC dalam Praktik
Senin, 16 Desember 2024 10:45 WIB
Strategi Efisiensi Proses Pengadaan Barang dan Jasa di Perusahaan Ritel
Sabtu, 14 Desember 2024 04:35 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler